Suriah Sebut Erdogan ‘Ekspor Krisis Ekonomi-Politiknya’ ke Luar Turki

0
119

Damaskus,LiputanIslam.com– Wamenlu Suriah, Ayman Susan menyatakan bahwa Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan berusaha mengekspor problem politik dan sosial yang ia hadapi ke luar negeri.

“Pertama-tama dan lebih dari motif lain, Presiden Turki melalui operasi yang akan dilancarkannya di utara Suriah berusaha untuk menghentikan tren kemerosotan popularitasnya di dalam negeri,” kata Susan dalam wawancara dengan Sputnik.

Menurut Susan, Erdogan mengincar kemenangan dalam pemilu Turki yang akan berlangsung tahun depan. Ia berkata, Presiden Turki menghadapi krisis politik, ekonomi, dan sosial. Oleh karena itu, ia berniat mengekspor krisis-krisis ini ke luar negeri.

Dalam hukum internasional, tegas Wamenlu Suriah, perbatasan menjadi tanggung jawab bersama negara-negara tetangga. Susan menyatakan, penjaminan keamanan perbatasan terwujud dengan kerja sama, bukan agresi.

Susan menandaskan bahwa Suriah akan membela tiap jengkal dari tanahnya. Iajuga memperingatkan Ankara bahwa Damaskus tidak akan membiarkan siapa pun menduduki wilayahnya.

Di akhir wawancara, Susan menyatakan bahwa Erdogan dan para pejabat Turki tahu benar bahwa semua dalih dan alasan soal operasi militer di utara Suriah tidak berdasar sama sekali. (af/fars)

DISKUSI: