Siapa Kemala Harris, Cawapres Baru Pasangan Joe Biden?

0
115

Washington, LiputanIslam.com—Joe Biden akhirnya memutuskan siapa pasangannya dalam pemilu presiden 2020 mendatang. Ia memilih mantan Senator California dan pengacara, Kamala Harris.

Pengumuman ini disampaikan Biden pada Selasa (11/8).

Sebelumnya, ia memang telah berjanji untuk memilih wanita kulit berwarna (woman of color) untuk mendampinginya dalam pertaruangan ke Gedung Putih. Hal bertujuan agar ia terhindar dari kritik atas statusnya sebagai pria tua kulit putih.

Harris sendiri merupakan anak imigran dari Jamaica dan India. Pengalamannya memimpin kantor penegakan hukum utama dan rekam jejak politiknya di tiga kemenangan pemilu di California telah  membantunya memenangi persaingan yang keras dalam merebut tiket di pilpres.

Dalam pemilihan primer Demokrat sebelumnya, Harris sempat beradu melawan Biden, meskipun akhirnya gagal mengumpulkan dukungan untuk menantang Biden. Dalam salah satu debat yang panas, Harris menyerang catatan masa lalu Biden yang menyikut isu rasial. Ia juga mengkritik sang capres atas hubungan masa lalunya dengan segregasionis.

Namun, setelah Harris resmi menjadi cawapres, Biden mencuit di Twitter bahwa wanita itu adalah “pejuang tak kenal takut untuk orang kecil, dan salah satu pegawai negeri terbaik di negara ini.”

Harris adalah wanita kulit hitam pertama dalam sejarah Amerika yang berhasil mendapatkan tiket di pilpres. Status ini dapat menjadi magnet bagi sejumlah pemilih SJW.

Meskipun begitu, masa lalu Harris sebagai Jaksa Agung California juga mengundang cemoohan dari kaum progresif. Sebagai polisi top negara bagian, Harris pernah bertugas mengawasi pemenjaraan orang tua yang anaknya bolos sekolah dan menentang pembebasan para tahanan tanpa kekerasan.

Biden dan Harris akan memberikan sambutan kepada para pemilih untuk pertama kalinya di Delaware pada hari Rabu (12/8) ini. (ra/rt)

 

DISKUSI: