Seteru Korsel-Korut Memanas, Menteri Kim Yeon-chul Pilih Mundur

0
116

Potret Kim Yeon-chul, menteri Korea Selatan yang menangani urusan dengan Korea Utara. Sumber foto: electrodealpro

Seoul,LiputanIslam.com—Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in menerima pengunduran diri seorang menterinya yang bertanggung jawab atas hubungan antara Korsel dan Korut. Seperti dilaporkan oleh Reuters pada Jum’at (19/6), pengunduran diri Kim Yeon-chul telah diterima oleh presiden pada hari ini di saat kedua negara sedang bersitegang dan menghentikan diplomasi untuk sementara.

Kim Yeon-chul memilih mundur lantara dirinya merasa tak layak lagi memegang jabatan ini akibat hubungan antara Korsel dan Korut yang semakin memburuk.

“Banyak sekali luka di dalam hubungan internal Korea dan keadaan akan semakin sulit jika anda menambahkan lukanya,”ucap Kim dalam pidato perpisahannya dan menambahkan bahwa ketegangan harus segera diredakan.

Korea Utara sebelumnya telah menolak permintaan Korsel untuk kembali memulai proyek ekonomi antar kedua negara yang sempat terhenti akibat sanksi internasional yang diberlakukan untuk mengendalikan program nuklir dan rudal Korut.

Tak hanya itu, Korut juga mempermasalahkan adanya pengkhianat di Korsel yang mengirim selebaran propaganda ke Korea Utara.

Korut menganggap Korsel telah gagal menghentikan tindakan para pengkhianatnya dan meledakkan kantor penghubung bersama di perbatasan sebagai tanda berakhirnya dialog dengan Korsel. Bahkan, Korut sempat mengancam akan melakukan ekspansi militer. (fd/RT)

Baca juga: Kim Jong-un Undang Putin ke Korea Utara

DISKUSI: