Sekolah di New York Dilarang Gunakan Aplikasi Zoom, Kenapa?

0
1042

New York City, LiputanIslamcom—Pemerintah New York City pada hari Sabtu (4/4) melarang semua sekolah untuk menggunakan aplikasi layanan konferensi jarak jauh, Zoom, di tengah situasi lockdown akibat wabah COVID-19.

Menurut laporan dari situs web Chalkbeat, peraturan ini berasal dari memorandum Departemen Pendidikan (DOE) New York City yang menerima banyak laporan terkait pelanggaran privasi dan keamanan oleh aplikasi itu.

“Berdasarkan ulasan DOE tentang isu yang didokumentasikan tersebut, DOE tidak akan lagi mengizinkan penggunaan Zoom saat ini,” demikian isi memo yang dibagikan kepada semua kepala sekolah di kota itu.

Sebagai gantinya, sekolah diarahkan untuk memakai aplikasi Microsoft Teams karena dianggap lebih terlindungi dalam hal keamanan.

Awal pekan ini, aplikasi Zoom digugat oleh Robert Cullen dari California, yang mengklaim bahwa layanan itu menyebarkan informasi pribadi pengguna kepada pihak lain secara ilegal.

Selama dua minggu terakhir, Zoom telah menjadi salah satu layanan konferensi video paling populer di tengah seruan WFH (work from home) agar tetap terhubung dengan satu sama lain.

Aplikasi ini didirikan oleh Eric Yuan, seroang pengusaha kelahiran China. Ia telah meraup untung hingga Rp 66 triliun berkat social distancing. (ra/sputnik)

DISKUSI: