Salahkan Tel Aviv, Media Israel Usulkan Solusi untuk Pulihkan Keamanan

0
390

TelAviv,LiputanIslam.com-Harian Israel, Haaretz menyebut agresi  militer terbaru di Gaza sebagai kegagalan memalukan. Harian ini mengecam pengulangan operasi militer semacam ini dan menyatakan, hasil dari operasi ini hanya lumpuhnya kehidupan sehari-hari warga Zionis dan berubahnya kehidupan warga Gaza menjadi mimpi buruk tak berkesudahan.

Haaretz dalam tajuk utama mengusulkan sebuah solusi bagi Tel Aviv. Menurut harian ini, demi menghentikan tindakan bodoh ini, Rezim Zionis didesak untuk terlebih dahulu mengubah total arah tindakannya dan merekonstruksi Gaza sebelum melakukan tindakan lain.

Haaretz juga mendesak Pemerintah Tel Aviv untuk mengizinkan masuknya bahan-bahan bangunan dan selainnya ke Gaza demi memulihkan kondisi ekonomi dan warga sipil di kawasan tersebut.

Haaretz berpendapat, salah satu solusi bagus adalah menjalankan proyek dua tahap yang disebut “ekonomi untuk keamanan”.

Tahap pertama proyek ini meliputi rekonstruksi di bidang aktivitas kemanusiaan. Berdasarkan ini, harus ada izin untuk rekonstruksi sistem listrik Gaza, pembuatan jalur pipa gas, stasiun penyulingan air tawar, dan pemulihan sistem kesehatan-pengobatan Gaza. Dengan demikian, tulis Haaretz, bisa diharapkan bahwa kedamaian akan berlangsung lama.

Tahap kedua meliputi pembuatan sebuah pulau buatan di luar Gaza dan pembangunan sebuah pelabuhan di pulau tersebut, termasuk penarikan investasi internasional dan eksekusi proyek-proyek ekonomi gabungan.

Di akhir tulisan, Haaretz menyatakan bahwa ini adalah peluang emas bagi PM Israel untuk mengubah total cara interaksi dengan Gaza. (af/alalam)

DISKUSI: