Rusia Terima Pesanan Satu Milyar Dosis Vaksin Covid-19 dari 20 Negara

0
112

Moskow, LiputanIslam.com–Sebanyak 20 negara dari Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia telah memesan vaksin Covid-19 dari Rusia.

Dalam sebuah konferensi pers pengumuman registrasi vaksin, CEO Russian Direct Investment Fund (RDIF) menjelaskan bahwa mereka telah menerima pesanan sebanyak satu milyar dosis.

“Bersama mitra luar negeri kami, kami siap memproduksi lebih dari 500 juta dosis vaksin per tahun,” jelas Kirill Dmitriev.

Menurutnya, semua vaksin yang diproduksi di Rusia akan digunakan di dalam negeri, dan vaksin yang akan digunakan di negara lain akan dibuat di luar negeri.

Ia melanjutkan, RDIF juga sedang mengerjakan program bantuan kemanusiaan untuk negara berkembang, dengan tujuan menyediakan vaksin Covid-19 bagi negara-negara yang tidak mampu memproduksi atau membeli sendiri. Lembaga itu percaya bahwa semua orang di seluruh dunia harus memiliki akses yang sama kepada vaksin terlepas dari situasi finansial.

Pada hari Selasa (11/8), Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa negaranya telah mendaftarkan vaksin Covid-19 pertama di dunia. Vaksin bernama “Sputnik V” itu akan segera diproduksi massal dan tersedia untuk masyarakat umum mulai Januari 2021.

Meskipun telah terdaftar, vaksin tersebut masih akan melalui uji klinis lebih lanjut di Rusia dan Timur Tengah. (ra/rt)

DISKUSI: