Rusia: Suplai Senjata Barat ke Ukraina akan Picu Bencana Global

0
107

Moskow,LiputanIslam.com– Ketua Duma Negara Rusia, Vyacheslav Volodin melayangkan peringatan kepada AS dan anggota-anggota lain NATO, bahwa jika Rusia diserang, itu akan memicu bencana global dan menghancurkan negara-negara Barat.

Pada hari Minggu kemarin, Volodin menyatakan bahwa pasokan persenjataan ke Kiev oleh AS dan NATO untuk menyerang Rusia akan memaksa Moskow bereaksi dengan menggunakan persenjataan yang lebih tangguh.

Legislator senior Rusia ini memperingatkan negara-negara Barat bahwa bencana global bisa saja terjadi jika Barat masih terus menyuplai persenjataan kepada Ukraina.

“Pengiriman senjata ofensif kepada Rezim Kiev akan berujung kepada bencana global. Jika Washington dan negara-negara anggota NATO mengirim persenjataan untuk digunakan menyerang kota-kota tenang atau menduduki negeri kami, hal ini akan mendorong Rusia untuk menggunakan senjata-senjata yang lebih kuat guna melakukan pembalasan,”kata Volodin.

Pekan lalu, Jubir Istana Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov menyatakan bahwa perang Ukraina kian memanas dan campur tangan Pakta Atlantik Utara (NATO) dalam perang ini terus meningkat.

“Tidak ada yang berubah dalam kemajuan Rusia di operasi militer khusus dan pencapaian target-targetnya. Barat berkhayal jika menganggap bahwa Kiev bisa meraih kemenangan,”kata Peskov dalam sebuah konferensi pers di Istana Kremlin.

Menurut laporan Sputnik, Peskov berkata bahwa tidak ada harapan soal pemulihan hubungan Rusia-AS di masa mendatang. Ia menambahkan,”Konflik di Ukraina tengah memanas dan bahaya campur tangan langsung NATO kian menguat.”

Peskov juga berkomentar soal potensi pengiriman lebih banyak bantuan senjata dari negara-negara NATO untuk Ukraina. “Pengiriman tank tidak akan mengubah apa pun secara fundamental di kancah pertempuran, namun justru hanya akan menciptakan masalah bagi Ukraina,”tegasnya.

Ia menyebut bahwa hubungan antara Moskow dan Washington sedang berada di tingkat paling rendah dalam sejarah, dan mengatakan,”Kremlin mengawasi dari dekat situasi terkait kemungkinan pasokan senjata ke Kiev dari Amerika Latin.”

Peskov menegaskan bahwa pentingnya potensi suplai tank-tank NATO untuk Kiev jangan terlalu dibesar-besarkan. Ia berkata,”NATO sudah bertekad secara politis untuk meningkatkan keterlibatannya dalam perang Ukraina. Namun untuk mengatasi krisis ini, Barat juga harus memerhatikan kekhawatiran-kekhawatiran Rusia.” (af/fars)

DISKUSI: