Rusia Setuju Bekerja Sama dengan Yaman untuk Bendung “Proyek AS”

0
288

Sanaa,LiputanIslam.com- Rusia telah melakukan pertemuan antara dua negara demi kepentingan bersama. Hal tersebut disampaikan oleh PM Yaman Abdulaziz bin Habtour pada Sabtu kemarin.

Menurutnya, hasil kunjungan delegasi Yaman ke Rusia sangat berpengaruh bagi kedua belah pihak.”Yaman dan Rusia memiliki sebuah titik temu permasalahan, yaitu “menghadapi proyek AS”; proyek yang telah merugikan banyak negara di dunia. Kata bin Habtour dalam wawancara dengan al-Masirah.

Bin Habtour berkata, “Kami telah menerima beberapa pesan dan kontak dari berbagai negara. Termasuk undangan dari Moskow yang menunjukkan perubahan sikapnya.”

Sanaa mempertegas keinginannya menjadi sahabat dan sekutu China serta Rusia. Lalu pejabat Yaman ini menjelaskan ”Sejak hari pertama, kami telah mendeklarasikan penolakan terhadap kebijakan AS. Legalitas palsu yang AS dan Saudi mengklaim tengah membelanya, padahal itu hanyalah strategi mereka demi mendapatkan kekayaan sumber alam Yaman serta memindahkannya ke bank-bank Saudi.”

Pada Maret 2015 Saudi melakukan invasi besar-besaran ke Yaman dengan dalih dukungan untuk Pemerintahan Mansour Hadi, Presiden tersingkir Yaman yang kabur ke Riyadh.

Invasi itu mengakibatkan dampak buruk bagi rakyat Yaman. Pemerintahan Hadi disebut Saudi sebagai “Pemerintahan sah”, namun Riyadh sendiri telah membubarkannya dan menggantinya dengan sebuah lembaga bernama “Dewan Kepemimpinan”.

“Kekuatan militer Yaman adalah garansi perdamaian. Namun ia memperingatkan Koalisi Saudi-UEA bahwa kekuatan ini akan digunakan terhadap negara-negara agresor jika mereka menolak menghentikan agresi dan tidak segera mencabut blokade”, tegas bin Habtour.

Usai pertemuan dengan Wamenlu Rusia, Mikhail Bogdanov beberapa waktu lalu, Ketua Tim Negosiator Yaman, Muhammad Abdussalam menjadi saksi atas perubahan sikap nyata dari Rusia.

“Rusia telah menyadari bahwa Yaman bisa menjadi sebuah pihak berpengaruh dan strategis. Yaman juga menjadi target blokade dan agresi. Sebab itu, kita mempunyai potensi bekerja sama dengan semua pihak yang menjadi korban oleh proyek AS di dunia,” tandas Abdussalam. (af/fars)

Baca Juga:

AS Klaim Para Pejabat Rusia Berlatih Gunakan Drone di Iran

Puji Perlawanan terhadap Israel, Ini Isi Surat Balasan Ayatullah Khamenei untuk Sekjen Jihad Islam

 

DISKUSI: