Rusia: Iran Dapat Laporan Kemungkinan Serangan F-35 AS Sebelum Insiden Pesawat Ukraina

0
98

Moskow, LiputanIslam.com—Menlu Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada Jumat (17/1) bahwa pada saat Iran menembak jatuh pesawat Ukraina, militer negara itu sedang bersiaga atas laporan kemungkinan serangan F-35 oleh AS di wilayah udara itu.

“Setidaknya ada enam pesawat tempur F-35 (AS) di udara di daerah perbatasan Iran (saat itu). Informasi ini belum diverifikasi, tetapi saya ingin menggarisbawahi kegelisahan yang selalu menyertai dalam situasi seperti itu,” tutur Lavrov dalam konferensi pers di Moskow.

Ia kemudian menyebut insiden itu sebagai ‘kesalahan manusia’, sembari menambahkan bahwa ia tidak sedang berusaha memaafkan siapapun atas apa yang telah terjadi.

Namun, dia menekankan pentingnya memahami konteks bahwa insiden itu terjadi beberapa jam setelah serangan rudal Iran ke pangkalan militer AS di Irak. Saat itu, pasukan Iran sedang bersiaga atas serangan balasan dari militer AS.

“Ada informasi bahwa Iran sedang bersiap menerima serangan lain dari Amerika Serikat setelah serangan (Iran ke ein al-asad), namun (Iran) tidak tahu bagaimana bentuknya,” lanjutnya. (ra/reuters)

 

DISKUSI: