Ribuan Warga Italia Demo Lawan Aneksasi Tepi Barat oleh Israel

0
134

Aksi demo di Roma melawan rencana aneksasi Israel, 27 Jun 2020. Photo credit: Press TV

LiputanIslam.com—Warga Italia menggelar aksi demonstrasi melawan rencana aneksasi sebagian kawasan Tepi Barat dan Lembah Jordan oleh Israel.

Aksi ini digelar pada Sabtu (27/6) di 18 kota Italia seperti Roma, Milan, Naples dan Bari.

Di ibukota Italia, ribuan demontran berkumpul di dekat kantor walikota di Campidoglio agar suara mereka didengar. Mereka berpendapat bahwa aneksasi sebagian wilayah Tepi Barat tidak hanya akan melanggar hukum internasional, tetapi juga akan meningkatkan ketegangan di wilayah yang sudah bergejolak.

Aksi ini diserukan oleh sejumlah komunitas Palestina regional dan didukung oleh ratusan kelompok, termasuk partai-partai politik kiri, tiga serikat utama Italia CGIL-CISL dan UIL, asosiasi nasional partisan ANPI, dan puluhan organisasi amal dan kemanusiaan.

Dalam beberapa hari terakhir, lebih dari 1.000 anggota parlemen Eropa mengecam rencana aneksasi Israel. Mereka menyebut langkah itu akan berakibat fatal bagi prospek perdamaian Israel-Palestina.

Tentara Israel pada hari Kamis (18/6) kemarin sudah mulai mengisolasi jalanan menuju Lembah Jordan sebagai langkah awal aneksasi yang akan dimulai pada 1 Juli mendatang. (ra/https://prc.org.uk)

 

DISKUSI: