Putin Akan Ucapkan Selamat untuk Biden Setelah Hasil Resmi Pemilu AS Keluar

0
43

Moskow, LiputanIslam.com–Presiden Rusia Vladimir Putin menyanggah tudingan hubungan buruk dengan Joe Biden karena tidak mengucapkan selamat atas kemenangannya di pilpres AS.

Dalam wawancara dengan kantor berita Rossiya-1, Putin mengatakan bahwa kita tidak boleh menyimpulkan sesuatu dari hasil suara sementara yang belum pasti. “Tidak ada motivasi tersembunyi…,” katanya, “dan tidak ada yang membuat hubungan kami memburuk… Ini murni formalitas.”

“Kebiasaan politik menentukan bahwa [kami mengirim ucapan selamat] ketika salah satu partai mengakui kemenangan pihak lain, atau hasil akhir pemilu diselesaikan dengan cara yang sah dan legal,” tambahnya.

Saat ini, proses hukum sedang berlangsung di sejumlah negara bagian Amerika, dengan Biden dan Presiden Donald Trump saling mengklaim kemenangan. Trump bahkan bersikukuh bahwa hasil pilpres telah “dicurangi.”

Meskipun hasil pemilu belum disertifikasi dan belum ada peresmian suara oleh Electoral College pada 14 Desember, sejumlah pemimpin dunia sudah menyampaikan selamat kepada Biden dengan hasil suara sementara 306 lawan 232 dari Trump.

Sementara itu, keputusan Putin untuk menunda ucapan selamat dituding oleh sejumlah media Barat sebagai “penghinaan yang disengaja.” (ra/rt)

 

DISKUSI: