Presiden Venezuela Puji Iran  karena Bantu Atasi Sanksi AS

0
132

Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berjabatan tangan di Caracas, Venezuela, 20 Juli 2019. (Reuters)

Caracas, LiputanIslam.com—Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Minggu (23/8) mengucapkan terima kasih kepada Iran karena membantu negaranya mengatasi sanksi AS atas industri minyak.

Awal tahun ini, Teheran mengirim beberapa kargo minyak ke Venezuela untuk membantu mengatasi kekurangan bahan bakar. Republik Islam itu juga mengirim peralatan yang dibutuhkan perusahaan minyak Venezuela, PDVSA, untuk memperbaiki kilangnya.

“Kita saling membantu,” kata Maduro dalam wawancara yang disiarkan di televisi pemerintah.

“Saya pikir pengalaman Iran akan membantu kami memperkuat kapasitas manajemen kami,” tambahnya.

Dia tidak memberikan pemaparan lebih detil bagaimana Iran membantu negaranya, dengan alasan dia harus tetap “diam karena kita berada dalam perang.”

Hubungan yang semakin erat antara Iran dan Venezuela telah membuat negara lain di kawasan Amerika Latin khawatir. Salah satunya, Presiden Kolombia Ivan Duque yang menuding dengan nada sinis bahwa Maduro hanya ingin mengincar pembelian rudal dari Iran. Tudingan itu dibantah oleh pejabat Venezuela.

Namun dalam wawancara, Maduro mengatakan tudingan Duque adalah “ide bagus” yang belum dia pertimbangkan.

“Jika memungkinkan dan nyaman, kami akan membeli rudal itu,” tukasnya. (ra/Reuters)

DISKUSI: