Presiden Ukraina Klaim Iran Kirim Drone dalam Jumlah Tak Terbatas ke Rusia

0
65

Teheran,LiputanIslam.com-Akhir pekan lalu, Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian dalam jumpa pers menanggapi kabar pasokan rudal dan drone untuk Rusia.

Ia mengatakan,”Hubungan kami dengan Rusia berlandaskan ketetanggaan dan kepentingan timbal balik. Sebagian negara-negara Barat membuat kehebohan dengan mengklaim bahwa Iran menyerahkan rudal dan drone ke Rusia untuk membantu Moskow dalam perang Ukraina. Bagian tentang rudal sama sekali tidak benar, sedangkan bagian tentang drone benar. Namun kami hanya mengirim drone dalam jumlah terbatas ke Rusia berbulan-bulan sebelum terjadinya perang di Ukraina.”

“Kami sudah bersepakat dengan Menlu Ukraina, jika mereka memiliki bukti bahwa Rusia menggunakan drone Iran di Ukraina, hendaknya mereka menyerahkan bukti tersebut kepada kami,”imbuh Abdollahian.

Statemen ini pun ditanggapi oleh Presiden Ukraina Volodymir Zelensky. Ia mengklaim,” Pasukan Ukraina tiap hari menembak jatuh sedikitnya 10 drone Iran. Drone-drone yang dikirim Teheran ke Moskow tidak terbatas.”

Dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat Ukraina melontarkan berbagai tuduhan kepada Iran demi menjustifikasi kekalahan-kekalahan Kiev di medan tempur. Mereka mengklaim bahwa Rusia mendapat suplai drone dan rudal dari Iran.

Atas dasar klaim-klaim ini, Kiev menolak surat tugas Dubes Iran untuk Ukraina dan mengurangi personel diplomatik Iran. Di sisi lain, Menlu Ukraina mendesak agar Uni Eropa menjatuhkan sanksi-sanksi kepada Teheran. Setelah itu, Menlu Ukraina juga mengaku telah mengusulkan kepada Zelensky untuk memutus hubungan diplomatik dengan Iran. (af/fars)

DISKUSI: