Pompeo Tuding Netanyahu Berdusta demi Kepentingan Kampanyenya

0
254

TelAviv,LiputanIslam.com-Kendati Partai Republik AS dikenal sebagai pendukung berat kubu sayap kanan Israel, namun hal ini tetap membuat mantan Menlu AS Mike Pompeo menuduh PM Israel Benyamin Netanyahu telah berdusta demi kepentingan dirinya di pemilu Israel 2020 lalu.

Mantan Menlu AS ini juga menyatakan bahwa mantan Dubes AS di PBB, Nikki Haley, telah “mengatakan hal-hal baik tentang Israel. Tapi tidak lebih dari itu”.

Jurnalis Yedioth Ahronoth di New York, Daniel Edelson menyatakan bahwa dituduhnya Netanyahu membongkar informasi dusta soal komitmen AS terhadap aliansi pertahanan Washington-Tel Aviv disebutkan dalam biografinya. Menurut Edelson, Netanyahu sudah tahu dari dahulu bahwa ini adalah sebuah dusta.

”Dia memilih untuk mengatakan kebohongan-kebohongan ini demi kampanyenya dalam Pemilu, sebab ini adalah cerita bagus untuk dirinya,”kata Edelson, menjelaskan penyebab Netanyahu menyebarkan kebohongan ini.

Ia menambahkan bahwa hal ini juga disebutkan dalam statemen resmi yang dirilis Netanyahu setelah pertemuan selama 90 menit dengan perwakilan Portugal pada Desember 2019.

“Buku Pompeo ‘Never Give an Inch: Fighting for the America I Love’ mengandung poin-poin tentang penyebaran informasi keliru oleh Netanyahu, yang dilakukannya saat bersiap untuk kampanye Pemilu di tahun 2020. Dengan cara ini, ia berusaha menghimpun dukungan untuk proyek pencaplokan sebagian dari wilayah Tepi Barat,” kata Edelson. (af/fars)

DISKUSI: