Perang Iran vs AS Tidak Terjadi dalam Waktu Dekat

0
96

Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran dalam wawancara dengan sebuah media Inggris mengatakan, ia tidak berpikir bahwa perang antara negaranya melawan AS akan terjadi dalam waktu dekat. Namun, kata Mohammad Javad Zarif, kejadian-kejadian insidental bisa saja menyulut konflik militer.

Saat ditanya Independent, apa maksud kejadian-kejadian insidental itu, Zarif menunjuk pada potensi konflik dari melintasnya kapal-kapal di Selat Hormuz. Ditangkapnya sejumlah marinir AS pada tahun 2016 di perairan Teluk Persia juga disebut Zarif sebagai kejadian yang berpontensi memicu konflik.

Dalam wawancara tersebut, Zarif menegaskan kembali wewenangnya untuk melakukan pertukaran tahanan dengan AS. Menurutnya, Iran bersedia menukar tahanan AS dengan warga Iran yang ditahan di AS atau negara lain lantaran berkelit dari sanksi.

Namun, kata Zarif, rencana penukaran ini tidak berlaku bagi Nazanin Zagheri, warga Inggris yang ditangkap di Iran.

Menlu Iran juga mengutarakan alasannya bersedia diwawancarai stasiun televisi favorit Trump, Fox News. Ia berkata, dirinya ingin menjalin hubungan dengan para pendukung presiden AS.

“Kadang kala, berbicara dengan pihak lawan adalah hal penting,”ujarnya.

Zarif juga menjelaskan, wawancara terbarunya dengan Fox News bukan wawancara pertama. Sebab, saat ia menjabat sebagai dubes Iran di PBB, ia telah diwawancarai oleh stasiun televisi AS itu. (af/alalam)

DISKUSI: