Pentagon Tak Bisa Konfirmasi Rusia Gunakan Drone Iran atau Tidak

0
228

Washington,LiputanIslam.com-Seorang pejabat senior Kemenhan AS (Pentagon) mengumumkan bahwa pihaknya tidak bisa mengonfirmasi bahwa drone-drone yang digunakan Rusia untuk membombardir Ukraina adalah buatan Iran atau bukan.

Pernyataan ini dirilis di saat beberapa hari terakhir ini, sejumlah pejabat tinggi AS berkali-kali melayangkan tuduhan kepada Teheran. Mereka mengklaim, Iran telah menyuplai drone-drone tempur kepada Rusia. Tuduhan ini juga telah disanggah berulang kali oleh Teheran.

Sementara itu, Jubir Kemenlu AS, Vedant Patel pada Senin kemarin memperingatkan segala bentuk kerja sama dengan Iran terkait drone dan rudal balistik.

“Tiada keraguan bahwa kami akan menjatuhkan sanksi atas Iran sehubungan dengan laporan bahwa negara ini memasok drone untuk Rusia,” ujar Patel.

“Kami memperingatkan semua pihak agar tidak berhubungan dengan Iran soal drone dan rudal balistik,” lanjutnya.

Drone-drone yang digunakan Rusia, terutama setelah serangan besar-besaran pada 10 Oktober lalu ke seluruh Ukraina, telah memaksa Kiev untuk memohon kepada negara-negara Barat agar memfasilitasi Tentara Ukraina dengan sistem pertahanan udara.

Rusia melancarkan serangan rudal dan drone ke pusat kota Kiev dan kota-kota lain di selatan serta barat Ukraina pada Senin pekan lalu. Serangan ini dilakukan 2 hari setelah peledakan jembatan Kerch di Krimea. Ledakan itu merusak sebagian jembatan yang merupakan penghubung tunggal Rusia dengan Semenanjung Krimea. (af/alalam)

DISKUSI: