Pentagon Gunakan Anggaran Penanganan Covid-19 $1 Miliar untuk Proyek Senjata

0
108

Washington, LiputanIslam.com–Pentagon dikecam oleh para pejabat Demokrat karena menggunakan dana penanganan Covid-19 sebanyak $1 miliar untuk proyek senjata.

Pada akhir Maret lalu, Presiden AS Donald Trump menandatangani anggaran penanganan Covid-19 senilai $2 triliun di tengah krisis ekonomi di negaranya. Pentagon menerima $1,2 miliar dari paket anggaran tersebut.

Kemudian, dalam sebuah laporan pada awal pekan ini, Washington Post mengungkapkan bahwa sejumlah kontraktor militer menerima “ratusan juta dolar dari anggaran tersebut, sebagian besar untuk proyek-proyek yang tidak ada hubungannya dengan penanganan virus corona.”

Perusahaan-perusahaan seperti Rolls-Royce dan ArcelorMittal menerima $183 juta untuk “memelihara industri pembuatan kapal” dan puluhan juta dolar untuk pengawasan luar angkasa, drone, dan teknologi satelit.

Juru bicara Pentagon Jessica Maxwell mengklaim bahwa Undang-undang Bantuan dan Keamanan Ekonomi Virus Corona (CARES) tidak mengharuskan semua anggaran dari pemerintah digunakan untuk sumber daya medis.

“Departemen Pertahanan menggunakan $1 miliar yang dialokasikan oleh Undang-Undang ‘CARES’ untuk Undang-Undang Produksi Pertahanan,… untuk mempersiapkan, mencegah, dan menanggapi virus corona,” sergah Maxwell. (ra/presstv)

DISKUSI: