Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol Amerika

0
226

Washington, LiputanIslam.com—Pendukung Donald Trump yang marah atas hasil pemilu presiden baru-baru ini menyerbu Gedung Capitol AS pada Rabu (6/1) pada saat anggota Kongres sedang melakukan pertemuan untuk meresmikan hasil pilpres.

Gedung Capitol AS adalah bangunan yang digunakan sebagai kantor Kongres Amerika Serikat.

Para pengunjuk rasa membanjiri gedung dan menciptakan keributan sehingga anggota Kongres dievakuasi dari ruang DPR dan Senat dan melindungi diri di kantor mereka dan tempat lain.

Kejadian ini berlangsung pada sekitar pukul 19.00 GMT (2.00 WIB), ketika para senator mendiskusikan keberatan atas suara elektoral Arizona yang diajukan oleh pendukung Trump dari Partai Republik. Diskusi terhenti ketika ada kabar bahwa pengunjuk rasa berada di aula di luar ruang Senat.

Pada jam 19:47 GMT, media melaporkan bahwa terjadi baku tembak di dalam ruang DPR. Menurut Associated Press, satu orang terkena tembakan di tengah kericuhan antara pengunjuk rasa pro-Trump dan petugas keamanan.

Salah satu pengunjuk rasa yang berhasil masuk ke ruang Senat dilaporkan berteriak, “Trump memenangkan pemilihan itu!” dari panggung Senat.

(AP Photo/Andrew Harnik)

Seorang lainnya memasuki ruang kantor Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan duduk di kursi kerjanya.

Tak lama setelah kejadian penyerbuan ini berlangsung, Trump mencuit di Twitter, “Saya meminta semua orang di Capitol AS untuk tetap damai. Tidak ada kekerasan! Ingat, KITA adalah Partai Hukum & Ketertiban – hormati Hukum dan para [pejabat] pria dan wanita hebat kita di Blue. Terima kasih!” (ra/aljazeera)

DISKUSI: