Pejabat AS Mondar Mandir ke Pangkalan Militer Tanpa Koordinasi dengan Baghdad

0
849

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota parlemen Irak mengkritik kebungkaman pemerintah Baghdad, padahal para pejabat AS kerap mondar mandir ke pangkalan militer mereka tanpa berkoordinasi terlebih dahulu dengan Baghdad.

“Ada kekhawatiran di Irak terkait keberadaan pasukan AS, juga pergerakan tangan-tangan Washington dan penempatan sistem pertahanan Patriot di negara ini. Kita juga menyaksikan kebungkaman mencurigakan di hadapan semua pergerakan AS di Irak ini. Kita harus mengambil sikap tegas politik terkait masalah ini,”kata Jasem al-Bukhati, seperti dilansir al-Alam.

Legislator dari kelompok al-Hikmah ini menambahkan, selain kunjungan-kunjungan lapangan petinggi AS ke pangkalan-pangkalan militer, ada pula sikap tidak hormat kepada pemerintah Irak. Al-Bukhati menegaskan, kunjungan-kunjungan ini dilakukan berkali-kali tanpa koordinasi dengan pemerintah Irak.

Menurutnya, AS saat ini tengah disibukkan dengan urusan dalam negerinya. Kecil kemungkinan bahwa dalam situasi sekarang, terutama di tengah pandemi Corona di negaranya, AS akan mengurus masalah-masalah di luar negaranya.

Sebelum ini, sejumlah media mengabarkan, Mike Pence (Wapres AS) dan Mark Esper (Menhan AS) melakukan kunjungan mendadak ke pangkalan Ayn al-Asad di al-Anbar, Irak. (af/alalam)

Baca Juga:

Al-Kadhimi: Kedaulatan Irak adalah Garis Merah

Irak Tuntut Penjelasan dari AS Soal Penempatan Patriot di Wilayahnya

 

DISKUSI: