Pejabat AS: Kami Tak Menepis Kemungkinan Ledakan Beirut Disebabkan Serangan

0
246

Washington,LiputanIslam.com-Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, pada hari Rabu (5/8) menyatakan, Pemerintah AS secara keseluruhan tidak membantah kemungkinan bahwa tragedi di Beirut disebabkan serangan.

Dalam wawancara dengan CNN, Meadows ditanya pendapatnya soal pernyataan Presiden AS Donald Trump tentang ledakan di Ibu Kota Lebanon. Dia menjawab,”Kami berharap bahwa ledakan Beirut hanya sebuah kecelakaan memilukan, bukan sebuah aksi teroris. Namun kami masih menanti semua informasi terkait masalah ini.”

Dalam konferensi pers Rabu kemarin, Trump mendeskripsikan ledakan Beirut sebagai “serangan mengerikan” yang bisa saja diakibatkan ledakan bom.

Padahal menurut Pemerintah Lebanon, ledakan disebabkan bahan kimia ekspolif yang disimpan secara gegabah dan tidak memerhatikan sisi keamanan.

Di lain pihak, Dubes Rusia untuk Lebanon menanggapi berbagai versi tentang penyebab ledakan, termasuk serangan teroris dan penembakan dari udara.

“Saya percaya bahwa dalam kondisi apa pun, tidak boleh ada pihak yang mencari keuntungan politis atau menyebar isu, apalagi ketika ribuan orang menjadi korban,”kata Alexander Zasypkin.

“Berdasarkan informasi paling meyakinkan, terjadi kebakaran di saat perbaikan tengah dilakukan. Kebakaran lalu menjalar ke gudang yang menyimpan nitrat amonium sitaan sejak 2014 lalu,”lanjutnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Sebut AS dan Israel Munafik Soal Tragedi Beirut

[Video] Pemandangan Mengenaskan dari Angkasa Beirut

DISKUSI: