Pecah Yaman Jadi Utara dan Selatan, ‘Solusi’ AS dan Saudi untuk Akhiri Krisis Yaman

0
306

Sanaa,LiputanIslam.com-AS dan Saudi dikabarkan telah merancang sebuah konspirasi baru terhadap Yaman. Menurut beberapa sumber diplomatik, Washington dan Riyadh mengaku telah mendapatkan solusi untuk krisis Yaman.

Sumber-sumber ini mengatakan kepada al-Khabar al-Yemeni bahwa Utusan AS di Yaman, Tim Lenderking telah mencapai kesepakatan dengan para petinggi Saudi. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Yaman akan dibagi menjadi sektor utara dan selatan. Kesepakatan ini terwujud saat Lenderking melakukan kunjungan ke Riyadh.

Menurut sumber-sumber tersebut, AS mengusulkan bahwa sektor selatan Yaman diserahkan kepada milisi yang disebut Dewan Transisi Selatan, yang merupakan pihak pro-UEA, sementara sektor utara dikhususkan untuk Ansharullah.

Lenderking menyatakan bahwa tahun 2023 adalah sebuah kesempatan untuk mengakhiri perang Yaman secara tuntas. Ia mengaku negaranya bekerja sama dengan Saudi dan Oman guna mewujudkan hal tersebut.

“Dengan tidak adanya kejelasan gambaran terkait tercapainya perdamaian, Washington berkewajiban untuk membuat jalan keluar bagi krisis Yaman. Washington percaya bahwa di tahun 2023 akan ada sebuah peluang untuk mengakhiri perang di Yaman secara tuntas,” ujar Lenderking dalam sebuah konferensi pers tentang Yaman, Senin lalu.

“Presiden Joe Biden ingin mengakhiri perang di Yaman yang telah berlangsung lebih dari 8 tahun dan meruntuhkan ekonomi negara ini serta mencabik-cabik masyarakatnya,”klaim Lenderking. (af/fars)

DISKUSI: