PBB Kembali Sahkan Resolusi Pro-Palestina

0
171

NewYork,LiputanIslam.com– Kantor berita Anadolu melaporkan, Majelis Umum PBB telah mengesahkan resolusi terkait hak bangsa Palestina untuk menentukan nasib mereka, setelah mendapatkan suara terbanyak dalam pemungutan suara.

Sebanyak 168 negara menyetujui resolusi ini, 6 negara menolak, dan 8 negara lain memilih abstain.

Wakil Tetap Palestina di PBB, Riyadh Mansour dalam pidatonya berterima kasih dan mengapresiasi negara-negara yang menyetujui resolusi tersebut. Ia juga berharap bahwa resolusi ini akan dilaksanakan setelah pengesahan.

Resolusi ini diusulkan oleh Mesir dengan koordinasi Otoritas Nasional Palestina (PNA). Pemungutan suara dilakukan pada 17 November di Komite III Majelis Umum PBB tentang HAM, Urusan Kemanusiaan, Sosial, dan Budaya. Resolusi akhirnya disahkan setelah mendapat suara terbanyak.

Resolusi ini menegaskan bahwa bangsa Palestina, di mana pun mereka berada, berhak untuk menentukan nasib mereka dan mendapatkan kemerdekaan. Resolusi ini menganggap hal ini sebagai syarat utama untuk memperoleh jalan keluar adil dan komprehensif untuk masalah Palestina.

Ini adalah kesuksesan lain untuk bangsa Palestina di PBB. Sebelum ini di akhir November, Majelis Umum PBB mengesahkan sebuah resolusi tentang penyelenggaraan peringatan pendudukan Palestina, atau yang dikenal dengan Yaum al-Nakba. Resolusi ini disahkan di tengah penentangan AS, Inggris, dan Rezim Zionis.

Resolusi ini menekankan pentingnya mengadakan rapat tingkat tinggi untuk menyelenggarakan peringatan ke-75 pendudukan Palestina.

Yaum al-Nakba (14 Mei 1948) adalah hari paling kelam dalam sejarah Palestina. Hari itu adalah hari pembentukan Rezim Zionis di Tanah Pendudukan, yang terwujud dengan pembunuhan ribuan orang dan pengusiran ratusan ribu warga Palestina. (af/alalam)

DISKUSI: