PBB Desak Investigasi atas Tindak Kekerasan Israel di Masjid Aqsa

0
364

Quds,LiputanIslam.com– Jubir Kantor HAM PBB, Ravina Shamdasani dalam sebuah konferensi pers di Jenewa mengumumkan, tindak kekerasan aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina di dekat Masjid Aqsa sejak 15 hingga 17 April telah melukai 180 orang, termasuk 27 anak.

Menurut Shamdasani, Polisi Israel dalam rentang waktu tersebut telah menangkap sekitar 470 orang, di antaranya adalah 60 anak.

PBB mengutarakan kekhawatiran mendalam atas meningkatnya kekerasan di Tanah Pendudukan dalam satu bulan terakhir.

“Harus ada penyelidikan segera, netral, independen, dan transparan atas kekerasan yang dilakukan Polisi Israel hingga melukai para jemaah salat di Masjid Aqsa. Otoritas terkait harus bertanggung jawab atas hal ini,”kata Shamdasani.

Dengan dimulainya bulan Ramadhan, Tentara Israel menyerbu kawasan Bab al-Amud di Quds, dengan tujuan mencegah warga Palestina berkumpul di Masjid Aqsa dan sekitarnya.

Setelah itu, demi melapangkan jalan masuk para pemukim Zionis ke Masjid Aqsa untuk merayakan Hari Paskah, Tentara Israel juga menyerbu pelataran-pelataran Masjid pada 15-17 April. Mereka pun bentrok dengan para jemaah sehingga mengakibatkan puluhan orang terluka. (af/fars)

Baca Juga:

Hizbullah dan Moqtada Sadr Kutuk Peledakan Masjid di Afghanistan

Kejahatan Israel akan Rugikan Dirinya Sendiri

DISKUSI: