Pawai Israel di Tepi Barat Potensi Picu Gesekan Baru

0
444

TepiBarat,LiputanIslam.com-Menurut PalToday, Komite-komite Perlawanan Rakyat dan faksi-faksi Palestina pada Minggu (20/6) kemarin telah menyeru warga untuk merespons pawai-pawai yang akan kembali diadakan pemukim Zionis.

Sebagian dari pawai-pawai ini akan diselenggarakan Senin (21/6) ini di sekitar permukiman dan desa-desa yang ditinggali warga Palestina di Tepi Barat. Tidak menutup kemungkinan bahwa pawai itu akan memicu gesekan dan bentrokan antara kedua belah pihak.

Media-media Israel mengklaim bahwa pawai-pawai itu diadakan sebagai bentuk protes orang-orang Zionis terhadap pembangunan yang dilakukan warga Palestina di Sektor C Tepi Barat. Rencananya, para pemukim Zionis dalam pawai ini akan mengibarkan bendera Israel dan menuntut agar bangunan-bangunan milik warga Palestina di Sektor C dihancurkan.

Koordinator Komite Perlawanan Rakyat, Murad Shatyawi mengatakan, ”Kegiatan-kegiatan telah dilakukan di seluruh Tepi Barat untuk menghadapi aktivitas para pemukim Zionis.”

Dalam wawancara dengan radio Shaut Falestin, Shatyawi menekankan agar warga Palestina bertindak waspada, cerdik, dan berhati-hati. Ia meminta mereka untuk menempatkan diri di perbukitan dan pegunungan untuk membendung aksi orang-orang Zionis.

Kabar adanya pawai-pawai provokatif ini mencuat bersamaan  dengan aksi represif Tentara Israel di Masjid Aqsa dan penangkapan warga Palestina di Tepi Barat dan Tanah Pendudukan 1948 dalam beberapa hari terakhir. (af/fars)

DISKUSI: