Paus Fransiskus Kecam Rencana ‘Kesepakatan Abad Ini’

0
122

Bari, LiputanIslam.com–Paus Fransiskus mengecam rencana Kesepakatan Abad Ini yang diprakarsai  Presiden AS Donald Trump. Menurutnya, rencana tersebut adalah ‘solusi yang tidak adil” dan hanya akan menghasilkan krisis baru di Timur Tengah.

“Kita juga tidak bisa mengabaikan konflik yang masih belum terselesaikan antara Israel dan Palestina, bersama dengan bahaya solusi yang tidak adil dan karenanya itu [akan jadi] awal dari krisis baru,” kata Pemimpin Gereja Katolik itu di kota Bari, Italia, pada hari Minggu (23/2) dalam perjalanan untuk menghadiri pertemuan para uskup seluruh dunia.

Paus Fransiskus juga menyesalkan tentang banyaknya perang dan konflik di Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Wilayah Mediterania saat ini terancam oleh ketidakstabilan dan konflik, baik di Timur Tengah dan berbagai negara di Afrika Utara, serta antar berbagai kelompok etnis dan kelompok agama,” tambahnya.

Di antara para uskup yang berkumpul menghadiri pidato Paus Fransiskus di Basilika Kepausan Santo Nikolaus di Bari, hadir juga para jemaat gereja dari Balkan, Yerusalem al-Quds, dan Aljazair.

Ini adalah pertama kalinya Paus Fransiskus berbicara di depan umum tentang konflik Israel-Palestina sejak Trump mengumumkan rencana Kesepakatan Abad Ini pada 28 Januari lalu. (ra/presstv)

 

 

DISKUSI: