Parlemen AS: Arab Saudi Ancam Dominasi Pasar Minyak AS

0
197

Sumber foto: Middle East Monitor

Washington,LiputanIslam.com—Sejumlah anggota parlemen Amerika Serikat (AS), menuduh Arab Saudi telah menyalakan api perang melawan dominasi pasar minyak AS.

Dalam sebuah surat untuk Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo, mereka menulis:”Kerajaan Arab Saudi dan Federasi Rusia telah mulai mendeklarasikan perang ekonomi melawan AS.”
Mereka menambahkan: “Saat kita sedang dilanda wabah dan krisis ekonomi global, Kerajaan Arab Saudi memilih untuk berkecimpung di pasar minyak.”

Menurut surat itu, aksi kerajaan Saudi mungkin dilakukan untuk menghukum Rusia, merebut pasar dalam waktu dekat, dan menggoncang investasi jangka panjang energi Amerika. Namun, menurut mereka, hasilnya tetap akan sama saja.

Baca: Pertama Kali Sejak Perang Suriah, Assad dan Bin Zayed Adakan Percakapan Telefon

Dominasi energi Amerika yang telah dibangun secara hati-hati oleh Presiden Trump dalam tiga tahun terakhir justru mendapatkan ancaman dari negara yang mengaku sebagai sekutu AS.
Arab Saudi mulai menurunkan harga minyak usai Rusia enggan menurunkan jumlah produksi minyak yang anjlok di tengah mewabahnya Covid-19. (fd/Memo)

DISKUSI: