Palestina Tolak Bantuan Medis UEA Melalui Jalur Israel

0
147

Ramallah,LiputanIslam.com-Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA) menolak untuk mengambil bantuan medis yang dikirim UEA melalui bandara Tel Aviv.

Menurut sumber-sumber al-Mayadeen, PNA menolak bantuan itu karena UEA tidak melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Palestina.

Sumber-sumber itu menyatakan, Pemerintah Palestina tidak ingin bahwa bantuan itu digunakan sebagai jembatan untuk normalisasi hubunga antara UEA dan Rezim Zionis.

Setiap bantuan untuk bangsa Palestina, kata sumber-sumber itu, mesti dilakukan setelah berkoordinasi dengan PNA, bukan melalui Israel karena itu dianggap sebagai samaran untuk normalisasi hubungan Arab-Israel.

Pada Selasa malam lalu, media-media memberitakan tibanya sebuah pesawat milik maskapai  UEA, Ettihad, di bandara Ben Gurion, Tel Aviv.

Pesawat itu disebut-sebut mengangkut bantuan medis untuk rakyat Palestina.

Hubungan Rezim Zionis dengan negara-negara Arab Teluk, baik terbuka atau diam-diam, terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Yang terbaru, Radio Israel mengumumkan bahwa Tel Aviv dan Abu Dhabi telah menyepakati pembukaan kedubes Rezim Zionis di Dubai pada Oktober mendatang.

Kendati sejumlah pemimpin negara-negara Arab berlomba-lomba menjalin hubungan dengan Israel, masih ada sejumlah pejabat, walau sedikit, di negara-negara itu yang menentang normalisasi hubungan dengan Zionis.

Dalam rapat luar biasa Asosiasi Parlemen Arab di Amman, Yordania, musim dingin lalu, sejumlah perwakilan yang hadir menegaskan penolakan mereka terhadap segala bentuk hubungan dengan Israel. (af/alalam)

Baca Juga:

Israel Sebut Orasi Nasrallah Perkuat Palestina untuk Serang Israel

Soleimani: Iran Tak Akan Tinggalkan Palestina, Walau di Tengah Deraan Sanksi

DISKUSI: