Oman Siap Mediasi Penyelesaian Konflik Iran-AS

0
114

NewYork,LiputanIslam.com-Dubes Oman di Washington menyatakan, jika Iran dan AS yakin pada efektivitas mediasi negaranya, Muscat bersedia untuk mengatasi ketegangan antara kedua negara tersebut.

Dalam wawancara dengan situs AS, al-Monitor, Hunaina al-Mughairy mengatakan, pada tahun 2013 lalu, Oman bukanlah mediator perundingan nuklir antara Iran dan AS, namun hanya bertindak sebagai tuan rumah perundingan.

Sembari menyinggung hubungan baik Oman dengan pemerintah Iran dan AS, al-Mughairy menegaskan, Muscat bisa kembali berperan untuk menengahi ketegangan yang muncul antara Teheran dan Washington.

“Salah satu prinsip utama kebijakan luar negeri Oman adalah tidak ikut campur dalam urusan internal negara-negara tetangga,”ujar al-Mughairy.

Prinsip lain kebijakan luar negeri Oman, kata al-Mughairy, adalah menjadi mediator untuk menyelesaikan krisis-krisis regional.

Terkait hubungan Muscat-Teheran, dia menyatakan bahwa Republik Islam Iran adalah salah satu tetangga baik Oman.

“Kami memiliki hubungan baik dan erat dengan negara ini (Iran). Oleh karena itu, pada tahun 2009 lalu, Oman bisa membantu pembebasan pendaki gunung asal AS yang ditahan Iran,”tandas al-Mughairy. (af/alalam)

DISKUSI: