Netanyahu Ungkap Peran Saudi dalam Terwujudnya Normalisasi Israel-Arab

0
443

TelAviv,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan stasiun televisi CNN, Benyamin Netanyahu membeberkan peran Riyadh dalam terwujudnya normalisasi hubungan sebagian negara Arab dengan Tel Aviv. Mantan PM Israel ini mengatakan, Saudi sedang melangkah dalam jalur normalisasi bertahap dengan Israel.

“Satu hal yang mesti saya akui adalah Saudi sudah sejak awal memulai proses normalisasi bertahap. Pada tahun 2018 dan sebelum ditandatanganinya Perjanjian Abraham di tahun 2020, Saudi telah membuka zona udaranya untuk ratusan ribu orang Israel. Orang-orang Israel bisa terbang ke negara-negara Arab sekitar Teluk Persia berkat keputusan tersebut. Ini adalah sebuah keputusan yang diambil dengan penuh pertimbangan,” kata Netanyahu.

“Perjanjian Abraham dengan orang-orang Arab tak bakal terjadi tanpa lampu hijau dari Saudi. Oleh karena itu, Riyadh menuju ke arah normalisasi. Saya rasa Saudi tengah menempuh jalan ini,” imbuhnya.

Netanyahu mengaku, normalisasi hubungan dengan Saudi akan menjadi target diplomatik utamanya, jika ia nanti diangkat kembali sebagai PM Israel.

Sebelum ini, Menteri Transportasi Israel, Merav Michaeli bicara soal kedekatan Saudi dengan Rezim Zionis. Ia mengatakan, ”Langkah-langkah sedang dilakukan bersama Saudi, sebagai bagian dari proses normalisasi, sehubungan dengan penerbangan pesawat-pesawat Israel di atas wilayah Saudi, yang bisa mengurangi durasi penerbangan.”

Kantor berita IRNA melaporkan, Pemerintahan Joe Biden juga sedang berusaha untuk mewujudkan normalisasi dan kesepakatan Saudi dengan Rezim Zionis. Hal ini dibeberkan untuk pertama kali pada September lalu oleh Axios.

Baru-baru ini, media-media Zionis juga merilis banyak laporan soal perkembangan hubungan antara Riyadh dan Tel Aviv. (af/alalam)

DISKUSI: