Netanyahu Sesumbar Bisa Halangi Ekspor Minyak Iran

0
79

TelAviv,LiputanIslam.com-Perdana menteri Israel, yang dikenal kerap melebih-lebihkan kemampuan militer rezimnya, mengklaim bahwa dia bisa mengusik ekspor minyak Iran.

Benyamin Netanyahu pada Rabu (6/3) mengaku, Israel dengan angkatan lautnya bisa menghalangi upaya Iran untuk menghindari embargo minyak.

Dilansir oleh Reuters, Netanyahu di hadapan para perwira angkatan laut Rezim Zionis mengatakan, Iran masih menggunakan cara-cara tersembunyi untuk menjual minyaknya kepada konsumen. Menurutnya, cara-cara ini kerap digunakan Iran pada periode sebelum dijalinnya kesepakatan nuklir (JCPOA) pada 2015 lalu.

“Iran berusaha mengelabui embargo dengan menyelundupkan minyak dari jalur laut. Selama upaya Iran ini terus berlanjut, angkatan laut (Israel) akan memiliki peran lebih penting dalam menghalangi tindakan Iran,”ujar Netanyahu.

Di bagian lain pidatonya, perdana menteri Israel mengatakan,”Saya meminta dari semua komunitas internasional untuk menghalangi upaya Iran menghindari sanksi, baik melalui laut atau jalur lainnya.” (af/alalam/fars)

DISKUSI: