Netanyahu Mundur dari Semua Jabatan Kementeriannya

0
95

TelAviv,LiputanIslam.com-Usai secara resmi dinyatakan sebagai tersangka korupsi, Benyamin Netanyahu pada hari Kamis (2/1) dikabarkan mundur dari semua posisi kementeriannya.

Dilansir oleh harian Haaretz, Netanyahu mundur dari kementerian kesehatan, kesejahteraan, pertanian, dan urusan warga Yahudi di luar Israel. Dia mengumumkan akan memilih figur-figur yang cocok untuk posisi-posisi tersebut.

Sekitar 1 bulan lalu, Avichai Mandelblit (jaksa agung Israel) dalam statemennya menyatakan, Netanyahu adalah tersangka dalam kasus kecurangan, menerima suap, dan menyalahgunakan kepercayaan publik. Dengan demikian, Netanyahu tetap bisa menjalankan tugas sebagai perdana menteri, namun tidak diizinkan memegang pos-pos kementerian.

Berdasarkan jajak pendapat, 55 persen penduduk Israel menuntut pengunduran diri Netanyahu dari jabatan perdana menteri.

Sebelum ini, Benny Gantz (ketua partai Blue and White) juga sempat meminta Mandelblit agar memaksa Netanyahu mundur dari jabatan-jabatan kementeriannya.

Kemarin malam Netanyahu dikabarkan meminta agar Knesset (parlemen Israel) memberinya kekebalan hukum terkait kasus-kasus yang dihadapinya.

Permintaan ini tak ayal dikomentari oleh Gantz. Rival Netanyahu ini mengatakan, permintaan tersebut adalah bukti bahwa PM Israel memang bersalah. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Netanyahu Inginkan Dirinya Kebal Dari Tuduhan Korupsi

Israel Mengancam Iran Terkait Pembakaran Kedubes AS di Irak

DISKUSI: