Negara-negara Arab Protes Pencalonan Israel untuk Komite Hukum PBB

0
70

NewYork,LiputanIslam.com-Dilansir kantor berita Anadolu, Israel berencana mencalonkan diri sebagai wakil ketua Komite VI Sidang Umum PBB. Rencana Israel untuk menjadi bagian dari komite hukum tersebut ditentang negara-negara Arab.

Protes negara-negara Arab itu tertuang dalam statemen Mansour al-Utaibi, wakil tetap Kuwait di PBB dan Dewan Keamanan. Kuwait sendiri mengepalai negara-negara Arab di lembaga ini.

“PBB pada tanggal 8 Juni telah mengirim surat terkait pemilihan ketua dan anggota Komite VI pada Sidang Umum ke-74 nanti,”kata al-Utaibi.

“Terkait pemilihan wakil ketua komite ini, negara-negara Arab telah melayangkan surat protes kepada Sekjen PBB atas pencalonan Israel untuk jabatan ini,”lanjutnya.

Ia menyatakan, negara-negara Arab mencemaskan terpilihnya Israel. Mereka menganggap Tel Aviv tidak layak menjadi anggota Komisi VI PBB. Sebab, Israel telah berulangkali melanggar hukum internasional dan resolusi-resolusi PBB selama 7 dekade terakhir.

Al-Utaibi mengabarkan, ia telah menyerahkan surat protesnya ini untuk dikaji negara-negara anggota.

Tugas utama Komite VI Sidang Umum PBB adalah menyiapkan rancangan hukum, yang nantinya akan disampaikan di Sidang Umum guna mendapatkan suara.

Rapat Sidang Umum PBB biasanya berlangsung pada bulan September. Para pemimpin dan kepala 193 negara dunia datang ke New York untuk berdialog serta menyampaikan pidato.

Jubir Sekjen PBB mengumumkan, Sidang Umum tahun ini akan berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat situasi pandemi Corona saat ini, terutama di AS. (af/alalam)

Baca Juga:

Sanjungan Israel atas Program Antariksa UEA, Pertanda Lain Normalisasi Hubungan

Keluarga George Floyd Desak PBB Selidiki Brutalitas Polisi AS

DISKUSI: