Negara Bagian AS Ini Gugat China Atas Wabah Covid-19

0
442

Washington, LiputanIslam.com–Pemerintah negara bagias AS, Missouri, baru-baru ini menggugat China atas penyebaran wabah virus corona.

Menurut laporan dari kantor berita KBMC, gugatan ini berisi tudingan bahwa pemerintah China dan Partai Komunis-nya tidak transparan dalam melaporkan perkembangan wabah yang telah menginfeksi sedikitnya 5.807 warga Missourian dan lebih dari 776.000 warga AS.

Penggugat menuding pejabat China “bertanggung jawab atas kematian, penderitaan, dan kerugian ekonomi yang sangat besar yang mereka timbulkan di dunia, termasuk kepada warga Missouri.”

Jaksa agung dari negara bagian tersebut, Eric Schmitt,  menuturkan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa pemerintah China berbohong tentang bahaya virus Covid-19 dan tidak berupaya cukup banyak untuk memperlambat penyebarannya.

“Pemerintah Cina berbohong kepada dunia tentang bahaya dan sifat menular dari Covid-19, [mereka] membungkam pelapor, dan tidak berbuat banyak untuk menghentikan penyebaran penyakit ini,” katanya. “Mereka harus bertanggung jawab atas tindakan mereka.”

Namun, banyak yang meragukan apakah gugatan ini akan berpengaruh besar. Hukum Amerika pada umumnya melarang gugatan hukum terhadap negara lain dengan sedikit pengecualian.

Menurut Profesor Hukum Internasional di University of California, Chimene Keitner, yang baru-baru ini menulis blog berjudul “Jangan Ganggu China karena Virus Corona“, gugatan tersebut tidak mungkin berhasil secara hukum. (ra/theguardian)

DISKUSI: