NBC: Trump Terlalu Meremehkan Tekad Iran untuk Melawan Sanksi

0
98

Washington,LiputanIslam.com-Sebuah media AS dalam analisisnya terkait kebijakan presiden AS terhadap Iran menyatakan, Donald Trump terlalu meremehkan tekad Teheran untuk melawan sanksi.

“Tampaknya Trump percaya, sanksi-sanksi berat atas Iran akan memaksanya menerima kesepakatan yang lebih ketat daripada perjanjian yang dibuat dengan pemerintahan Obama,”tulis NBC News.

Menurut NBC, sanksi-sanksi ini memang menyulitkan kondisi perekonomian Iran. Namun, tulisnya, “Para penasihat agresif Presiden (Trump) menganggap remeh tekad dan ketabahan Iran.”

“Seiring kian dekatnya pilpres AS, mungkin Teheran akan bersabar hingga periode Trump berakhir.”

NBC juga menyindir klaim Trump yang percaya diri dengan kemampuan negosiasinya jika ia berada satu ruang dengan presiden Iran.

“Coba lihat, seberapa besar pengaruh ‘seni negosiasi’ Trump terhadap Korut?”sindir NBC.

Lagi pula, tambah NBC, Iran bukanlah negara yang berfokus pada satu figur seperti halnya Korut.

Oleh karena itu, NBC menyimpulkan, perundingan antara pemerintah AS dan Iran mustahil terwujud dalam situasi sekarang.

Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran pada Rabu (8/5) menyatakan, Iran akan mengurangi sejumlah komitmennya terkait JCPOA.

Iran juga mengultimatum negara-negara yang masih bertahan di JCPOA, untuk mewujudkan komitmen mereka, terutama di sektor perminyakan dan perbankan.

Jika dalam rentang waktu 60 hari komitmen ini belum diwujudkan, Iran mengancam akan mencabut komitmen-komitmen JCPOA lainnya secara bertahap. (af/fars)

DISKUSI: