Moskow Sebut London Hanya Membeo Kebijakan Washington

0
145

Moskow,LiputanIslam.com-Baru-baru ini, Menlu Inggris James Cleverly mengklaim bahwa Rusia akan memasok perangkat militer dari Iran. Ia pun menyebut rencana itu sebagai “hal memalukan.”

Kedubes Rusia di London pun merilis statemen sebagai tanggapan atas tudingan tersebut. Kedubes Rusia mengecamnya dan menilai sikap London hanya membeo kebijakan-kebijakan AS.

Kedubes Rusia menyatakan bahwa pihak Inggris tahu benar bahwa tudingan soal pengiriman perangkat militer Iran ke Rusia adalah hal yang tidak berdasar sama sekali.

“Berlawanan dengan para penentang kami di Barat, Rusia selalu berkomitmen untuk menaati hukum nasional dan internasional dalam menjalin kerja sama dengan negara ketiga. Jika kita membicarakan soal transaksi memalukan, Cleverly seharusnya terlebih dahulu mengingat bantuan besar militer-teknis-finansial-propaganda yang diberikan Inggris dan para sekutu Baratnya kepada Rezim Kiev,” demikian disebutkan dalam statemen Kedubes Rusia.

Kedubes Negeri Beruang Merah menegaskan bahwa suplai senjata-senjata Barat untuk Ukraina berlawanan dengan tata tertib fundamental dan hanya akan menyebabkan permusuhan kian berlarut-larut, juga menambah jatuhnya korban sipil. Para teroris juga akan menyerang target-target nonmiliter di wilayah Rusia.

“London mengetahui semua hal ini dengan baik. Meski demikian, fakta-fakta ini tidak diungkap dalam media-media mainstream lokal. Para petinggi Britania dengan rasa malu bungkam tentang semua fakta ini,” lanjut Kedubes Rusia.

“Ada satu pertanyaan lumrah yang diajukan di sini: Bukankah kebijakan standar ganda tentang Ukraina ini adalah satu-satunya contoh ‘transaksi memalukan’ yang dibicarakan James Cleverly dengan penuh kekhawatiran?”

“Maksud kami adalah, kami telah merekam dengan cermat semua fakta intervensi London dan negara-negara Barat lainnya dalam memberikan sokongan finansial dan persenjataan kepada Rezim Kiev, juga keterlibatan mereka dalam merencanakan aksi militer atas fasilitas dan personel militer Rusia. Tentu saja semua tindak kriminal ini akan mendatangkan konsekuensi hukum tertentu bagi semua yang terlibat,”tegas Kedubes Rusia. (af/alalam)

DISKUSI: