Morales: Di Mana pun Ada Kedubes AS, Di Situ Ada Kudeta

0
79

LaPaz,LiputanIslam.com-Presiden tersingkir Bolivia dalam sebuah wawancara menjelaskan peran AS dalam kudeta militer atas dirinya. Evo Morales mengatakan, Washington meminta agar Bolivia tidak menjalin hubungan dengan Iran, Kuba, dan Venezuela.

Dalam wawancara dengan Interpost, Morales menerangkan awal meletusnya kudeta, termasuk serangan kelompok pendukung kandidat oposisi ke tempat pengambilan suara dan ancaman pembunuhan atas dirinya.

Menurutnya, semua peristiwa ini terjadi lantara AS tidak ingin melihat seorang presiden pribumi mengubah Bolivia menjadi negara mandiri dan maju.

Morales mengatakan, AS gusar karena tidak punya tempat dalam industri lithium Bolivia. “Dosa utama kami adalah bahwa AS tidak mendapatkan apa-apa saat kami menjalin kesepakatan dengan korporasi multinasional Tiongkok dan Eropa,”jelasnya.

Baca: Rusia Bantah Pesawat Pembom Miliknya Melintas di Angkasa Iran

Ia menuturkan, AS dan oposisi melancarkan kudeta dengan cara menyebarkan dusta, propaganda, dan muslihat untuk menjatuhkan pemerintahannya.

Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) dituding Morales sebagai “alat kekuasaan dan kudeta” yang tidak menghormati demokrasi dan kedaulatan nasional.

Sejak masa Perang Dingin, OAS berada di bawah pengaruh Washington. Organisasi inilah yang mengklaim Morales telah merekayasa hasil pilpres terbaru Bolivia, sehingga kemenangannya dibatalkan.

Terkait peran AS dalam kudeta, Morales menjelaskan,”Saat saya menjadi presiden tahun 2006, seorang sahabat, yang merupakan korban diktator dan saat ini diasingkan, memberitahu saya,’Evo, berhati-hatilah terhadap kedubes AS.’ Saat saya menanyakan alasannya, dia menjawab,’Sebab di mana pun ada kedubes AS, pasti akan timbul kudeta.’”

Morales lalu menerangkan alasan dia mengusir dubes AS pada tahun 2008 lalu. Dia mengatakan,”Dubes AS saat itu tengah merancang konspirasi dan rencana kudeta. Entah berapa kudeta yang telah kami gagalkan selama 13 tahun saya menjabat presiden. Namun kali ini kami yang kalah.”

Morales menyatakan, dirinya menolak permintaan dubes AS agar tidak menjalin hubungan dengan Iran, Kuba, dan Venezuela. “Kami adalah negara merdeka, dan kami sendiri yang memutuskan dengan siapa akan menjalin hubungan,”tandasnya. (af/fars)

DISKUSI: