Militer AS Siap Gunakan Senjata Nuklir Meski Diterpa Wabah Corona

0
239

Washington, Liputanislam.com—Militer Amerika Serikat mengaku siap menggunakan senjata nuklir jika dihadapkan pada konflik besar meskipun saat ini sedang diterpa wabah corona.

“Kami yakin, kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pasukan pengebom dan ICBM kami siap diluncurkan dan dapat mencapai target apa pun di planet ini kapan saja. Kami sepenuhnya siap menjalankan misi dan COVID-19 tidak akan mengubahnya. Pasukan kami terus mempertahankan tingkat kesiapan dan respon yang sangat tinggi,” kata Komandan Air Force Global Strike AS, Tim Ray, dalam sebuah pernyataan.

Angkatan Udara AS (USAF) menjelaskan bahwa mereka sudah mulai mengembangkan prosedur untuk beroperasi selama pandemi. Mereka juga berupaya menjaga kesehatan pasukannya yang sempat terkurung di perbatasan China pada bulan Januari. Rencana ini memungkinkan kru pesawat dan awak rudal USAF tetap merlakukan operasi sekaligus tetap terjaga kesehatannya.

Untuk mencapai itu, USAF harus mengadopsi langkah-langkah isolasi tertentu untuk menjaga para tim militer terpisah satu sama lain sekaligus menjaga pengoperasian rudal antarbenua dan pengebom berkemampuan nuklir.

“Kami dibayar untuk melakukan misi ini dalam segala kondisi. Tidak hanya beberapa kondisi, tetapi semuanya. Ini adalah keadaan yang mengerikan, tetapi kami harus siap untuk melakukan pekerjaan ini dalam keadaan yang jauh lebih buruk,” tambah Ray. (ra/sputnik)

DISKUSI: