Meski Dipecat, Mantan Penasihat Bin Salman Masih Punya Pengaruh di Saudi

0
101

Riyadh,LiputanIslam.com-Kantor berita Reuters melaporkan, sumber-sumbernya di negara-negara Arab dan pemerintah Arab Saudi mengabarkan bahwa Saud al-Qahtani masih memiliki pengaruh di pentas politik negaranya.

Penasihat putra mahkota Saudi, Muhammad bin Salman, ini dipecat menyusul keterlibatannya dalam kasus pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul. Dia disebut-sebut memantau proses pembunuhan itu melalui Skype.

Usai Bin Salman melengserkan al-Qahtani dari posisinya, beberapa pekan kemudian kementerian keuangan AS juga menjatuhkan sanksi kepadanya.

Meski demikian, berdasarkan laporan enam sumber Reuters, al-Qahtani masih beraktivitas sebagai perwakilan dari kerajaan Saudi. Menurut dua sumber lain, dia juga masih menjalin hubungan dengan Bin Salman.

Dikutip dari tiga sumber Reuters, al-Qahtani bahkan mendikte sejumlah jurnalis terkait apa yang harus mereka tulis tentang kebijakan-kebijakan negara monarki tersebut.

Sebelum dipecat, al-Qahtani, sebagai kepala pusat media kerajaan, mengendalikan sebuah tim cyber yang bertugas menjaga nama Saudi. Dia mendiktekan jalur politik Saudi, mulai dari perselisihan dengan Qatar sampai masalah-masalah HAM dan keamanan. (af/yjc)

DISKUSI: