Menteri Israel Kabarkan Perundingan Tel Aviv dengan Riyadh

0
103

TelAviv,LiputanIslam.com-Menteri Intelijen baru Israel dalam wawancara dengan harian Saudi, Elaph, mengatakan, tiada keraguan bahwa Israel dan negara-negara Arab Teluk memiliki kepentingan bersama untuk mengembangkan kerjasama keamanan dan ekonomi.

Eli Cohen juga menyatakan, kedekatan geografis negara-negara tersebut dengan Tel Aviv akan menciptakan banyak peluang.

Saat ditanya apakah Israel memberikan informasi-informasi ke negara-negara tersebut, Cohen menjawab,”Jika Israel memiliki info bahwa ada kelompok teroris hendak menyerang warga tak berdosa, Tel Aviv tak akan segan-segan memberikan info dan bantuan kepada negara-negara itu.”

“Banyaknya kepentingan sekuriti antara Israel dan negara-negara Arab bisa berujung pada hubungan penuh dan normalisasi hubungan. Saya ingin katakan bahwa ada dialog antara Israel dan Saudi”lanjut Cohen.

Dia mengatakan, negara-negara Arab memiliki banyak sumber daya alam, sementara Israel maju dalam bidang teknologi. Hal ini, kata Cohen, bisa menjadikan Israel dan Arab sebagai sekutu kuat di kawasan.

Elaph juga bertanya, bahwa dengan adanya rencana aneksasi Tepi Barat, apakah negara-negara Arab masih ingin melanjutkan normalisasi hubungan dengan Tel Aviv?

“Saya katakan kepada Anda, bahwa penguasa negara-negara Arab dan Teluk hanya mementingkan masalah terkait bangsa, keamanan, ekonomi, dan kesejahteraan mereka. Mereka tidak peduli masalah-masalah selain itu,”ujar Cohen. (af/alalam)

Baca Juga:

Video: Pasukan Hizbullah Pertontonkan Target-Target Incarannya di Israel

Iran Sebut Tiga Negara Eropa Masuk Perangkap AS dan Israel

DISKUSI: