Menlu Suriah: Palestina adalah Isu Utama Damaskus

0
152

Damaskus,LiputanIslam.com– Dalam pertemuan dengan anggota Komite Eksekutif PLO, Azam al-Ahmad, Menlu Suriah Faisal Miqdad kembali menegaskan dukungan Damaskus untuk Palestina.

Dilaporkan kantor berita SANA, Miqdad menyatakan bahwa isu Palestina masih merupakan isu pokok Suriah. Menurutnya, Damaskus mendukung bangsa Palestina dan haknya untuk menentukan nasib serta membentuk negara independen di tanahnya dengan Quds sebagai Ibu Kotanya.

Al-Ahmad mengapresiasi Suriah yang tak pernah berhenti mendukung Palestina. Ia mengatakan, sikap berani ini telah membuat Suriah harus membayar mahal atas dukungannya untuk Palestina.

Sementara itu, Majelis Umum PBB pada Rabu malam (29/11) lalu mengesahkan sebuah resolusi tentang penyelenggaraan peringatan pendudukan Palestina, atau yang dikenal dengan Yaum al-Nakba. Resolusi ini disahkan di tengah penentangan AS, Inggris, dan Rezim Zionis.

Resolusi ini menekankan pentingnya mengadakan rapat tingkat tinggi untuk menyelenggarakan peringatan ke-75 pendudukan Palestina.

Dalam pemungutan suara ini, 90 negara dunia, termasuk mayoritas negara Arab dan Islam telah menyetujui resolusi tersebut. Sementara 30 negara, termasuk AS, Inggris, Jerman, Italia, Kanada, dan Australia menolaknya. Sejumlah 48 negara lain menyatakan abstain. Dengan perolehan suara ini, Majelis Umum PBB pun mengesahkan resolusi tersebut. (af/alalam)

DISKUSI: