Menlu Hungaria Sebut Ekonomi Eropa akan Hancur Jika Rusia Terus Disanksi

0
181

Budapest,LiputanIslam.com-Menlu Hungaria Peter Szijjarto menyatakan bahwa negaranya menentang paket sanksi ke-10 atas Rusia.

Pejabat Hungaria ini menegaskan bahwa pemberlakuan sanksi atas Rusia tidak akan membawa perdamaian di Ukraina, justru hanya akan berujung kepada hancurnya ekonomi Eropa.

“Sanksi-sanksi (atas Rusia) gagal total,”kata Szijjarto dalam wawancara dengan sebuah radio.

“Paket ke-10 sanksi yang sedang dibahas di Uni Eropa, sama seperti paket ke-9, hanya akan membuat ekonomi Eropa lebih remuk,”imbuhnya.

Menlu Hungaria mengatakan, semua sanksi ini tidak akan mengubah pendirian Rusia dan juga tidak akan berujung kepada perdamaian di Ukraina. Sanksi-sanksi ini hanya akan memicu masalah-masalah tak terbayangkan di Eropa, termasuk membludaknya para pengungsi dan meningkatnya inflasi.

Beberapa hari lalu, PM Hungaria Viktor Orban menyatakan bahwa cakrawala berakhirnya perang Rusia dan Ukraina ada di tangan AS, yang merupakan pendukung terpenting Kiev.

“Ukraina hanya bisa terus berperang selama AS menyokongnya dengan uang dan persenjataan,”kata Orban dalam wawancara dengan sebuah koran.

“Jika AS menghendaki perdamaian, perdamaian akan terwujud,”lanjutnya.

Sejak berkobarnya perang di Ukraina pada Februari tahun lalu, Washington telah menggelontorkan milyaran dolar dalam bentuk uang dan bantuan alutsista kepada Kiev. AS juga memberikan bantuan intelijen kepada pasukan Ukraina.

Hingga sekarang, AS telah mengirim senjata-senjata mematikan seperti peluncur roket Himars, Howitzer M777, dan drone-drone tempur ke Ukraina. (af/fars)

DISKUSI: