Menlu AS Datangi Sudan untuk Dorong Normalisasi dengan Israel

0
59

PM Sudan Abdalla Hamdok (R) bertemu Menlu AS Mike Pompeo. (Photo: via Twitter)

Khartoum, LiputanIslam.com–Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengunjungi Sudan pada Selasa (25/8) untuk mendorong negara itu ikut melakukan kesepakatan normalisasi dengan Israel mengikuti jejak UAE.

Secara teknis, Israel masih berseteru dengan Sudan dan tidak punya hubungan diplomatik apapun di bawah mantan pemimpinnya, Omar al-Bashir. Namun, kini pemerintahan transisi berjanji untuk mendobrak kebijakan tersebut pasca pengusiran Bashir pada tahun lalu.

Menlu Pompeo dilaporkan bertemu dengan Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok dan Ketua Dewan Berdaulat, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, untuk membahas dukungan AS yang berkelanjutan bagi pemerintah transisi ini.

Pompeo juga menyatakan dukungannya atas normalisasi hubungan Sudan-Israel.

Negara yang baru meluncurkan reformasi sosial dan politik besar-besaran ini kini berharap AS segera mencabutnya dari daftar hitam negara pendukung terorisme.

Kunjungan Pompeo ini dilakukan ketika Sudan berada di dalam krisis ekonomi yang parah setelah menderita sanksi AS selama puluhan tahun. Dengan adanya inflasi tinggi dan krisis pandemi corona, Sudan merasa perlu menarik lebih banyak bantuan dan investasi asing dari AS. (ra/Al-Araby Al-Jadeed,PC)

DISKUSI: