Menlu AS Akan Kunjungi Israel untuk Diskusi Aneksasi Tepi Barat

0
166

Washington, LiputanIslam.com—Departemen Luar Negeri AS menginformasikan pada Jumat (8/5) bahwa Menlu Mike Pompeo akan berkunjung ke Israel pekan depan untuk membahas rencana perebutan wilayah Tepi Barat oleh Israel.

Kunjungan Pompeo ini bertepatan dengan pembentukan pemerintahan “darurat” baru Israel yang terdiri koalisi antara PM Benjamin Netanyahu dan rival politiknya, Benny Gantz. Fokus dari pemerintah koalisi ini adalah untuk menuntaskan krisis virus corona. Selain itu, kesepakatan koalisi ini mengizinkan Netanyahu memperkenalkan proposal aneksasi Tepi Barat.

Pemerintahan AS pun mendukung rencana aneksasi wilayah Tepi Barat ini.

Selain topik aneksasi, Pompeo juga akan “membahas upaya AS dan Israel untuk memerangi pandemi COVID-19, serta masalah keamanan regional terkait dengan pengaruh busuk Iran,” kata jubir Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan.

Menurut sang jubir, komitmen AS untuk membela Israel tidak pernah lebih kuat daripada di masa pemerintahan Presiden Donald Trump.

“AS dan Israel akan menghadapi ancaman terhadap keamanan dan kemakmuran bersama-sama. Dalam masa-masa sulit, kita harus berdiri bersama sahabat kita, dan sahabat kita berdiri bersama kami,” lanjutnya. (ra/aljazeera)

 

DISKUSI: