Menjaga JCPOA Memberikan Kredibilitas kepada DK PBB

0
72

NewYork,LiputanIslam.com-Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa menyatakan, mempertahankan kesepakatan nuklir Iran (JCPOA) akan membantu terjaganya kredibilitas Dewan Keamanan PBB.

Dalam pidato di sidang DK PBB, Selasa (12/3), Federica Mogherini mengklaim, Uni Eropa berupaya untuk mempertahankan JCPOA dan akan tetap melanjutkan upaya ini. Dia mengingatkan, komitmen Iran terhadap kesepakatan ini telah dibuktikan dalam 14 laporan beruntun dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

“Seiring dengan dipatuhinya JCPOA oleh Iran, pencabutan sanksi-sanksi nuklir adalah salah satu bagian vital dalam kesepakatan ini. Kami akan melanjutkan kerjasama untuk menjaga manfaat ekonomi dari pencabutan sanksi ini,”tandas Mogherini.

“Ini adalah bantuan Uni Eropa untuk keamanan kolektif kita, juga sebuah cara untuk mencegah radiasi nuklir, terutama di kawasan-kawasan rawan konflik. Perkenankan saya mengingatkan bahwa tindakan ini membantu menjaga kredibilitas DK PBB, yang telah mengesahkan kesepakatan (JCPOA) sebagai resolusi.”

Pasca keluarnya AS dari JCPOA, negara-negara Eropa berjanji menjaga kesepakatan ini dan menjamin kepentingan ekonomi Iran. Meski demikian, walau negara-negara ini berani menentang AS dalam hal ini, hingga kini mereka belum bisa mewujudkan janji-janji tersebut.

Di sisi lain, kendati menentang keputusan AS terkait JCPOA, Uni Eropa masih sepaham dengan Washington dalam hal program rudal dan aktivitas regional Teheran. (af/alalam)

DISKUSI: