Menhan Venezuela kepada Bolton: Kami Sudah di Jalur yang Benar

0
92

Caracas,LiputanIslam.com-Menteri pertahanan Venezuela mengatakan, dia telah menerima sejumlah pesan dari John Bolton, penasihat keamanan nasional AS.

Dilansir oleh Reuters, Vladimir Padrino Lopez menyebut bahwa Bolton memintanya untuk “mendampingi’ rakyat Venezuela dan UUD negara tersebut, serta menjauh dari Nicolas Maduro (presiden Venezuela).

Sebelum ini, Bolton melalui Twitter meminta Lopez untuk “memilih jalur yang benar.” Lopez dimintanya untuk berhenti mendukung Maduro agar Venezuela kembali menjadi “negara kaya.”

“Tuan Bolton, kami sudah berada di jalur yang benar. Kami sudah melaksanakan apa yang tercantum dalam UUD kami,”ujar Lopez dalam sebuah acara televisi.

Lopez sebelum ini juga pernah menegaskan, militer Venezuela tak akan pernah mendukung presiden boneka AS dan disetir untuk menjaga kepentingan imperialisme.

Sebagai bentuk tekanan atas Venezuela, AS telah menginstruksikan korporasi-korporasi minyak dan kilang minyak untuk mengurangi transaksinya dengan Caracas.  Jika tidak, mereka diancam akan dijatuhi sanksi.

Sejauh ini, upaya pemerintah AS untuk melengserkan Maduro dan menahbiskan  Juan Guaido (pemimpin oposisi) sebagai presiden Venezeula, masih menemui jalan buntu.

Bantuan Obat-obatan China Tiba di Venezuela

Masih dilansir dari Reuters, muatan pertama bantuan obat-obatan China untuk rakyat Venezuela telah tiba di bandara Caracas.

“Venezuela adalah sekutu strategis dan kawan kami. Kami yakin, rakyat Venezuela sendiri sanggup mewujudkan kedamaian di negara mereka,”kata dubes China untuk Venezuela.

Pesawat itu memuat 65 ton obat dan perangkat medis. Rencananya, bantuan itu akan diberikan kepada orang-orang yang diseleksi oleh pemerintahan Maduro. (af/yjc)

DISKUSI: