Mengutil Buku Seharga 10 Dolar, Dubes Meksiko Mengundurkan Diri

0
143

Meksiko,LiputanIslam.com-Dilansir oleh Sputnik, pemerintah Meksiko mengumumkan pengunduran diri Ricardo Valero dari jabatan dubes negara tersebut atas alasan kesehatan. Beberapa waktu lalu, dubes Meksiko di Argentina itu tertangkap usai mengutil di sebuah toko buku terkenal di Buenos Aires.

Rekaman CCTV yang diambil pada 26 Oktober dan dipublikasikan di awal Desember menunjukkan, Valero diam-diam mengambil sebuah buku dari rak toko buku El Ateneo, yang disebut sebagai salah satu toko buku terindah di dunia. Dubes Meksiko itu menaruh buku curiannya di sela-sela koran, lalu keluar dari toko.

Saat ditangkap penjaga keamanan toko, Valero berusaha berkelit dengan menunjukkan nota pembelian yang tak ada kaitannya dengan buku curiannya. Buku yang dicuri Valero adalah biografi Giacomo Casanova, petualang cinta ternama dari Venezia. Buku itu hanya berharga 640 peso Argentina (10 dolar US/140 ribu rupiah).

Marcelo Ebrard (menlu Meksiko) dalam akun Twitter-nya menulis,”Valero saat ini tengah menjalani pengobatan neurologi. Kami berharap kondisinya segera pulih.”

Menurut media Meksiko dan Argentina, Valero (77 tahun) menderita tumor otak, yang membuatnya tak bisa mengendalikan perbuatannya. (af/yjc)

Baca Juga:

Turki Sebut Putusan Pengadilan Khashoggi Tidak Mencerminkan Keadilan

Pengkhianatan Arab Teluk terhadap Palestina

DISKUSI: