Mencium Tangan Paus Jadi Polemik Baru di Dunia Katolik

0
120

Vatikan,LiputanIslam.com-Paus Fransiskus pada Senin (25/3) lalu mengunjungi sebuah tempat ziarah umat Katolik di kota Loreto, Italia. Dalam kunjungan tersebut, Paus berkali-kali berusaha mencegah jemaat mencium tangannya.

Dilansir oleh Reuters, pemimpin umat Katolik sedunia itu menarik tangannya beberapa kali saat masyarakat yang antri hendak mencium cincin di tangan kanannya.

Foto-foto adegan itu yang tersebar di media-media sosial menuai reaksi beragam. Sebagian orang menyambut baik sikap Paus, sementara yang lain, terutama kalangan Katolik konservatif, mengecamnya.

Life Site News, sebuah situs Katolik konservatif, mencela sikap Paus Fransiskus dalam artikelnya. Situs ini menyinggung sejarah panjang cincin-cincin milik para paus terdahulu dan status cincin-cincin tersebut. Tindakan Paus Fransiskus yang enggan cincinnya dicium umat disebut situs ini sebagai “tindakan mengkhawatirkan.”

Menurut sejumlah jurnalis di lingkungan Vatikan, Paus Benedict dan Paus John Paul (yang merupakan pemimpin Katolik konservatif) tetap membiarkan tangan mereka dicium, sebab para jemaat telah antri dalam barisan panjang. Walaupun sebenarnya mereka tak ingin jemaat mencium tangan dan cincin mereka.

Vatikan sendiri tidak menjelaskan alasan kenapa Paus Fransiskus enggan tangannya dicium para jemaat. Salah satu asisten Paus, yang enggan namanya disebutkan, mengatakan,”Kadang Paus suka tangannya dicium, dan kadang tidak. Sesederhana itu.” (af/alalam)

DISKUSI: