Media Spanyol Sebut Keterlibatan AS dalam Serangan ke Kedubes Korut

0
93

Madrid,LiputanIslam.com-Sebuah harian Spanyol mengklaim, ada kemungkinan agen intelijen AS terlibat dalam serangan ke kedubes Korut di Madrid beberapa waktu lalu.

Menurut kutipan kantor berita Sputnik dari harian El Confidencial, saat polisi dan unit intelijen Spanyol sedang menyelidiki segala skenario terkait peristiwa tersebut, sejumlah sumber memberitahu harian ini, bahwa kemungkinan keterlibatan agen intelijen AS dan sekutunya kian menguat.

Sumber-sumbel El Confidencial menyatakan, metode serangan ke kedubes Korut di Madrid mirip modus operandi biro-biro intelijen negara-negara di Amerika Utara dan operasi rahasia mereka.

Menurut pengakuan para pegawai kedubes kepada para penyelidik, mereka menduga para pelaku adalah warga Korsel, karena sebagian penyerang berbicara dengan bahasa Korsel.

Sekitar 11 hari lalu, media-media Spanyol memberitakan penyerangan ke kedubes Korut di ibukota Negeri Matador. Peristiwa itu tidak diberitakan secara resmi. Namun menurut sejumlah sumber, para penyerang tak dikenal itu mengikat tangan dan kaki para pegawai serta menutup mulut mereka. Para pelaku juga dikabarkan mengangkut sejumlah komputer dari gedung kedubes.

Dilansir oleh Sputnik, skenario lain dalam peristiwa ini adalah dugaan keterlibatan biro intelijen Korut sendiri, juga jejak mantan dubes Korut untuk Spanyol. Mantan dubes ini dilabeli sebagai “unsur tak diinginkan” pada tahun 2017 dan diusir dari Spanyol. (af/alalam/fars)

 

 

DISKUSI: