Media AS: Punya Daya Tangkal Tinggi, Iran Tak Butuh Senjata Nuklir

0
402

Teheran,LiputanIslam.com-Seorang pakar masalah pertahanan, Daniel Depetris berpendapat, Iran sekarang ini sudah memiliki kekuatan dan daya tangkal memadai, sehingga tidak perlu membuat senjata nuklir yang kerap dicemaskan Barat.

Dalam artikel yang ditulisnya di Newsweek, Depetris bicara soal para pemimpin AS yang biasa menggulirkan “opsi miiliter” untuk menghadapi Iran.

“Kita tahu Iran akan membalas serangan militer AS, sebab sebelum ini telah membuktikannya. Sebagai balasan atas tewasnya Komandan Pasukan Quds IRGC, Qassem Soleimani, puluhan rudal balistik menghantam dua pangkalan yang ditempati pasukan AS di Irak. Jika Iran membalas semacam ini ‘hanya’ karena kehilangan satu orang, bayangkan bagaimana balasan Iran jika program pengayaan nuklirnya dirusak,”tulis Depetris.

Ia pun membantah opini yang beredar di Barat bahwa pengayaan uranium 60 persen di Iran adalah bentuk upaya Teheran membuat senjata nuklir. Menurut Depetris, kesimpulan semacam ini tidak pernah dikemukakan oleh komunitas intelijen AS.

Depetris lalu mengutip pengakuan Direktur CIA William Burns kepada Wall Street Journal beberapa waktu lalu. Burns saat itu mengatakan, lembaganya tidak melihat satu pun bukti bahwa Pemimpin Iran memutuskan untuk membuat senjata nuklir.

Depetris berpendapat, ada 2 alasan kenapa Iran tidak perlu membuat senjata nuklir:

Pertama, kelompok-kelompok pro-Iran seperti Hizbullah, Ansharullah, dan faksi Resistansi di Irak, Suriah, dan Palestina sudah mencukupi untuk menangkal musuh-musuh Iran.

Kedua, kepemilikan senjata nuklir tidak akan membantu Iran dalam unjuk kekuatan di Kawasan. Sebab, pengembangan senjata nuklir, apalagi penggunaannya, akan meningkatkan ketegangan di Kawasan dan memicu reaksi dari negara-negara besar, yang justru bisa membahayakan keamanan Iran. (af/fars)

DISKUSI: