Mantan Penasihat Obama: Saudi Sudah Cuek kepada Palestina

0
94

Riyadh,LiputanIslam.com-Penasihat Barrack Obama untuk urusan Timteng, Dennis Ross menilai, serangan verbal mantan Dubes Saudi untuk AS baru-baru ini terhadap para petinggi Palestina mengandung sejumlah pesan.

Bandar bin Sultan, yang menjadi Dubes Saudi di AS selama berdekade-dekade, beberapa waktu lalu mengecam petinggi Palestina. Dalam wawancara dengan al-Arabiya, Bin Sultan mengatakan bahwa sulit untuk memercayai para pemimpin Palestina, “setelah mereka tidak tahu balas budi.”

Ross dalam artikelnya di Washington Institute menulis,”Serangan mantan Dubes Saudi Pangeran Bandar bin Sultan mengandung pesan bahwa ‘kami sudah tidak lagi mendukung kalian. Kami memiliki kebutuhan-kebutuhan sendiri.’”

Ia lalu membahas sikap Saudi yang ditunjukkan melalui mantan dubesnya tersebut. Ross berpendapat, ada ketakutan bahwa Palestina akan menentang para penguasa Arab, serta mengklaim bahwa para penguasa ini telah mengkhianati bangsa Palestina untuk meraih hak nasional mereka.

Ketakutan inilah, kata Ross, yang membuat Saudi menunda pengumuman sikap resmi terkait normalisasi dan konflik di tengah kelompok-kelompok Palestina.

Menurut mantan penasihat Obama ini, statemen Bin Sultan telah menyiapkan jalan bagi Saudi untuk mengambil langkah serupa dengan UEA dalam menjalin hubungan dengan Rezim Zionis. (af/fars)

DISKUSI: